Penyelenggaraan blogging workshop (blogshop) untuk memeriahkan Pesta Blogger 2009 di 10 kota besar di Indonesia, diawali dari Kota Malang.

Menurut Ketua Panitia Blogshop Pesta Blogger 2009, Iman Brotoseno, di Malang, Selasa, selain Kota Malang, sembilan kota lain yang bakal dijelajah para blogger, yakni Semarang, Bandung, Balikpapan, Samarinda, Makassar, Surabaya, Medan, Palembang, dan Yogyakarta.

"Blogshop ini digagas untuk mendorong lebih banyak masyarakat Indonesia yang terlibat dalam aktivitas blogging yang bertanggung jawab, kritis, konstruktif, dan memiliki kesadaran sosial yang tinggi," katanya.

Ia mengakui, saat ini masih banyak blogger yang beranggapan bahwa mereka bisa menulis apa saja di blognya. Bahkan, mereka berpikir kalau aturan hukum di dunia nyata tidak mengikatnya. "Pandangan itu perlu diluruskan," katanya menandaskan.

Imam Brotoseno menegaskan, seluruh blogger juga tetap terikat dengan dengan aturan hukum yang berlaku di dunia nyata sehingga para blogger diimbau untuk ngeblog secara bertanggung jawab dan kesadaran sosial yang tinggi.

Menurut dia, blog sampah secara alami akan hilang dengan sendirinya, sebab seluruh blog akan terseleksi secara alami. "Kalau oleh komunitas blogger dianggap sampah pasti akan hilang," ujarnya.

Penyelenggaraan Blogshop Pesta Blogger 2009 itu atas kerja sama antara American Corner di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia yang berkedudukan di Jakarta.

Sementara itu, Public Diplomacy Officer Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta, Tristram Perry, mengatakan, dukungan AS terhadap penyelenggaraan pesta blogger ini untuk kedua kalinya, yakni pada tahun 2008 dan 2009.

Dukungan tersebut, lanjut dia, tidak hanya berupa finansial semata, tetapi juga moral. Apalagi, aktivitas blogger di Indonesia ada kesamaan dengan yang ada di Amerika.

Menurut dia, aktivitas blogger di dua negara itu tidak ada pembatasan sehingga masyarakat benar-benar hidup di alam demokratis ketika menyampaikan pendapat dan ide-ide cemerlangnya.

Berdasarkan hasil penulusuran pesta blogger, pengguna internet di Indonesia hingga Juli 2009 mencapai 25 juta orang, dan sekitar 500 ribu di antaranya sudah memiliki blog (blogger).

Ia memperkirakan, akhir tahun 2009, blogger di Indonesia bisa menembus angka satu juta orang.

Baca Info Lain :



0 comments:

NegeriAds

Followers

Stat-Blog

Hits Blog


Hits Blog Today


Download

Download Theme Song World Cup 2010 Klik disini

Recent Post


Image Gallery